Cara Membersihkan Sepatu Suede

Jika anda memiliki sepatu berbahan suede, maka anda harus bisa merawatnya dengan cara yang tepat. Perlu anda ketahui, bahan suede sangat sensitif  terhadap cairan, sehingga bisa menimbulkan bercak. Dengan perawatan yang benar, sepatu berbahan suede kesayangan anda bisa lebih awet dan tampak selalu baru.
Tips Membersihkan Sepatu Suede

  1. Jika terlihat ada sedikit bercak noda pada sepatu suede anda, jangan membersihkan memakai air hanya padabagian yang terkena noda, tetapi bersihkanlah secara merata ke seluruh permukaan sepatu suede anda menggunakan sikat suede dan sedikit air, agar tidak berubah warna.
  2. Untuk noda membandel, gunakanlah cairan pembersih khusus, atau jika tidak punya, anda bisa menggunakan cuka dan tepung maizena.
Cara Membersihkan Sepatu Suede
  1. Mulailah dengan menyikat sepatu suede anda dengan sikat khusus untuk suede, untuk menyingkirkan kotoran dan untukmembuka jalan bagi masuknya cairan pembersih untuk mencapai noda.
  2. Pada bagian sepatu yang agak kasar, gunakan gerakan maju mundur untuk menghilangkan serat - serat yang lepas.
  3. Untuk membersihkan noda, terutama noda minyak dan noda keringat, oleskan tipis tepung maizena pada bagian yang terkena noda , lalu diamkan beberapa jam atau semalaman.
  4. Tepung maizena akan menyerap noda dan mengangkat keluar noda dari sepatu suede anda.
  5. Bersihkan sisa tepung dengan sikat khusus. 
  6. Jika noda masih saja membandel, pakailah air atau cairan pembersih khusus suede. Usapkan secara merata  pda seluruh permukaan sepatu anda dengan sikat khusus, dan biarkan kering secara alami. Agar bentuk sepatu tidak berubah, gunakan pengganjal atau gumpalan kertas di dalam sepatu anda ketika menunggu kering.
  7. Untuk perawatan, gunakanlah cairan pelindung suede yang mungkin bisa anda dapatkan di toko sepatu.
  8. Jaga sepatu agar selalu kering. Hindari menggunakan sepatu suede ketika turun hujan.

Comments