Cara Mencuci Kain Jeans Agar Tidak Belel

Salah satu jenis kain yang cukup populer terutama bagi anak muda adalah kain jeans. Ada kemeja jeans, celana jeans , jaket jeans , dan lain - lain. Selain kuat, pakaian dengan bahan kain jeans juga sangat fleksibel untuk digunakan pada berbagai kesempatan. Semakin banyak model pakaian dengan bahan kain jeans dengan aneka warnanya. Pakaian berbahan jeans yang berkualitas sebaiknya dibarengi juga dengan perawatan yang tepat. Sangat disayangkan jika pakaian jeans kita jadi rusak karena cara perawatan yang salah.

Berbicara mengenai perawatan pakaian, maka satu hal yang sangat pokok adalah cara mencuci jeans anda. Apakah anda telah mencuci pakaian jeans anda dengan cara yang benar?

Cara Mencuci Jeans yang benar agar tidak belel
Agar jeans anda tidak belel, warna memudar, kain merenggang, dan kain jeans menipis sehingga mudah sobek, maka anda perlu mencuci jeans dengan cara yang benar.

  1. Bilas jeans yang sangat kotor secara manual dengan air terlebih dahulu.
  2. Balik jeans , kaitkan kancing, dan tutup resletingnya sebelum anda masukkan ke dalam mesin cuci, agar warnanya tidak mudah pudar.
  3. Sangat disarankan memakai deterjen yang lembut dan mengandung pencerah warna, agar warna indigo pada jeans anda lebih terjaga.
  4. Jangan memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci secra bersamaan. Idealnya, pakaian jeans harus mendapatkan ruang yang lebih leluasa untuk bersirkulasi di dalam mesin cuci, sehingga proses pencucian lebih maksimal. Memasukkan pakaian melebihi kapasitas mesin juga akan mengakibatkan pecah/ retaknya laker pada ass tabung mesin cuci.
  5. Pilih siklus cuci sesuai dengan petunjuk perawatan pada label jeans anda.
  6. Keringkan jeans terlbih dahulu di dalam mesin cuci, tetapi jangan sampai benar -benar kering. Baru setelah itu anda keringkan/ dijemur di luar ruangan, agar anda mendapatkan hasil akhir kain jeans yang lebih lemas. Jika anda ingin hasil akhir yang lebih keras, maka setelah siklus cuci selesai, tanpa dikeringkan di dalam mesin, anda langsung menjemurnya di luar.
  7. Jemur jeans anda tetap dalam kondisi terbalik, bagian luar ada di bagian dalam.
Hal- hal yang harus dihindari dalam mencuci jeans
  1. Jangan terlalu sering menyikat kain jeans anda, karena bisa menyebabkan pudarnya  warna dan menipisnya kain jeans anda.
  2. Lebih baik mencuci jeans dengan cara manual dari pada memakai mesin. Kancing padakain jeans anda bisa menggores dinding tabung mesin cuci anda.
  3. Untuk memudahkan dalam mengucek manual jeans anda, anda bisa merendamnya terlebih dahulu di dalam larutan air dan deterjen 30 menit.
  4. Hindari penggunaan deterjen yang mengandung pemutih, karena bisa memudarkan warna jeans anda.
  5. Hindari untuk menjemur kain jeans anda di bawah terik matahari langsung, tetapi carilah tempat yang rindang dan mendapat hembusan angin yang cukup. Terik matahari langsung bisa menyebabkan kain jeans anda cepat kasar dan pudar warnanya.
Demikianlah cara mencuci jeans agar tidak belel, tidak cepat pudar warnanya. Semoga artikel ini bisa berguna untuk anda semua. Jika anda terlalu sibuk untuk mencuci, silahkan memakai jasa laundry. Anilaundry siap melayani anda khususnya untuk wilayah Maguwoharjo, Depok , Sleman Yogyakarta.

Comments